Svenska Spel mengembangkan kolaborasi e-sports yang menarik

SESF adalah singkatan dari Swedish E-sports Association, yang baru-baru ini menandatangani perjanjian sponsorship baru dengan Svenska Spel. Perjanjian baru awalnya diperpanjang selama tiga tahun ke depan dan telah menarik banyak perhatian baik di Swedia maupun di luar negeri. Svenska Spel sebelumnya telah mengajukan permohonan untuk menawarkan permainan di E-sports dan dengan perjanjian baru, yang menjadikan mereka sponsor utama, mereka dapat fokus untuk mempromosikan E-sports. Svenska Spel telah ada sejak 1997, ketika mereka menggabungkan Penninglotteriet dan Tipstjänst. Pada tahun 2001, anak perusahaan Casino Cosmopol memulai operasinya. Svenska Spel mempekerjakan sekitar 1.700 karyawan dan landasan perusahaan adalah aksesibilitas, komitmen, dan kepedulian.

Svenska Spel kini telah menandatangani kerjasama tiga tahun dengan Asosiasi E-sports Swedia. Sebagai sponsor utama, Svenska Spel dapat menyumbangkan pengetahuan, pengalaman dan sumber daya untuk mengembangkan e-sports di Swedia, tidak terkecuali tim nasional E-sports Swedia. E-sports adalah salah satu olahraga dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Dengan pengalaman panjang Svenska Spel berkolaborasi dengan, antara lain, asosiasi sepak bola, hoki es, dan bola lantai terbesar di Swedia, mereka percaya bahwa mereka dapat terlibat dan juga memengaruhi e-sports ke arah yang positif. Tantangan besar mungkin untuk menarik lebih banyak orang ke olahraga, khususnya perempuan, tetapi juga mencoba meningkatkan status e-sports secara umum.

Apa sebenarnya E-Sport itu?

E-sports merupakan singkatan dari istilah Electronic Sports; istilah kolektif untuk berbagai kompetisi yang dilakukan di komputer atau konsol game, tempat para pesaing bermain online melawan satu sama lain. Peserta dapat bermain melalui internet dan/atau di berbagai pertemuan LAN, dimana LAN adalah singkatan dari Local Area Network. E-sports dimulai di Korea Selatan pada tahun 1997, sehubungan dengan krisis keuangan yang hebat dan meningkatnya pengangguran, ketika semakin banyak kafe internet dibuka untuk mempekerjakan orang-orang muda yang menganggur. Pada tahun 2000, Federasi E-Sports Korea Selatan didirikan. Salah satu pelopor e-sports terbesar, Dennis “Thresh” Fong kelahiran Hong Kong, sekarang dianggap sebagai salah satu pemain pro pertama di dunia. Di Swedia, e-sports tidak secara resmi diklasifikasikan sebagai olahraga.

Bagaimana kontrak dengan Svenska Spel dapat mengembangkan E-sports?

Fakta bahwa Svenska Spel kini menjadi sponsor utama antara lain membuat tim nasional E-sports Swedia dapat meningkatkan persiapan dan aktivitasnya untuk berbagai kompetisi internasional. Perjanjian sponsorship juga dapat menyebabkan E-sports “dinormalisasi” di dunia olahraga; ada kesempatan bagi Svenska Spel dan SESF untuk memulai gerakan populer yang sangat besar bersama-sama. Svenska Spel biasanya dikaitkan dengan klub olahraga di tingkat akar rumput. Fakta bahwa mereka sekarang memilih untuk dilihat dalam konteks E-sports dapat meningkatkan peluang untuk mencapai kelompok sasaran baru, serta meningkatkan status E-sports. Memasukkan lebih banyak gadis ke dalam e-sports, dan membuat praktisi yang ada berinvestasi untuk mencapai tingkat elit, adalah peluang pengembangan lainnya.

Pemain E-sports Swedia

Cyrox, Jackpotdante, Klub satZ, Katana & Protektor, Div, Konfidentgyorg, Fistking dan Pebbleman. Apakah nama-nama ini familiar? Inilah beberapa pemain E-sports Swedia yang berlaga di King of Nordic jelang Piala Dunia E-sports edisi kesembilan yang berlangsung tahun 2017 di Busan, Korea Selatan. Dalam Counter-Strike: Global Offensive (CSGO), Swedia diwakili oleh Pontus Perlborn, Kevin Nilsson, Hugo Cortes Lopez, Alexander Carlsson dan Kalle Persson yang menghadapi Korea Selatan dalam pertandingan untuk memperebutkan perunggu. Sebuah pertandingan yang sayangnya mereka kalah. Di Tekken 7, perwakilan CSGO Swedia Adam Ayachi menghadapi Australia, Korea Selatan, Finlandia, Thailand, dan Filipina. Sayangnya, Ayachi tidak pernah berhasil mencapai babak playoff. Pada tahun 2018, Piala Dunia E-sports akan diselenggarakan di Kaohsiung, Taiwan, pada tanggal 9 – 12 November.